Advertise

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Selasa, 25 Mei 2010

Sejarah Piala Dunia


Piala Dunia ajang kompetisi Sepakbola terbesar di dunia, yang diselenggarakan empat tahun sekali, di negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Piala Dunia sendiri sebenarnya bukanlah kompetisi resmi bertaraf internasional pertama. Karna sebelumnya telah ada terlebih dahulu ajang Olimpiade yang menyertakan Sepakbola sebagai salah satu cabangnya sejak tahun 1908. Pencetusan untuk mengadakan Piala Dunia terjadi pada tahun 1928, pada kongres FIFA (Federation International The Football Association) di Amsterdam, Belanda oleh Jules Rimet (Presiden Sepak Bola Prancis pada saat itu) dan rekannya Henri Delaunay. Akhirnya pada tahun berikutnya FIFA resmi mempersiapkan ajang rencana kompetisi yang bertitel World Cup. Pada kongres FIFA 17-18 Mei 1929, di Barcelona, FIFA memutuskan Uruguay untuk menjadi tuan rumah pertama Piala Dunia setelah bersaing ketat dengan calon lainnya Spanyol yang mendapatkan suara sama besar, 23. Uruguay yang pada saat itu adalah juara Olimpiade pada cabang Sepakbola dan sedang meranyakan 100 tahun berdirinya negara tersebut akhirnya mendapat Dukungan dari FIFA untuk menyelenggarakan ajang ini Piala yang diperebutkan pada ajang ini dikenal dengan nama Piala Jules Rimet, sebagai penghormatan atas jasanya yang telah menceuskan ajang Piala Dunia. Piala tersebut dibuat oleh perupa berkebangsaan Prancis, Abel La Fleur, berbentuk oktagonal, berlambangkan bumi yang dipegang oleh Dewi Kemenangan, Nike (Dewa Yunani kuno). Piala ini terbuat dari emas dengan berat 3,8 kg dan tinggi 35 cm. Piala Dunia Dunia pertama akhir nya digelar di Uruguay dari 13-30 Juli 1930. Kompetisi pertama ini diikuti oleh 13 negara, yaitu 13 negara dari Amerika Selatan, lima dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara. Pada laga final Uruguay menumbangkan Argentina dengan skor 4-2 dihadapan 93.000 penonton di Montevideo.
Pada masa Perang Dunia II, Piala Dunia sempat ditiadakan selama dua belas tahun. Dan pada tahun 1950 di selenggarakan kembali di Brasil.
Pada tahun 1966 Piala Jules Rimet sempat hilang dicuri ketika dipamerkan di Stampex Exibition di Westminster, London keika menjelang Piala Dunia 1966 di Inggris. Namun pada hari ke tujuh Piala tersebut dapat ditemukan kembali oleh seekor anjing bernama Pickles.

Pada tahun 1970 di Meksiko, FIFA memutuskan Brasil untuk menyimpan Piala Jules Rimet, karena Brasil menjadi negara pertama yang telah memenangi ajang Piala Dunia sebanyak tiga kali, 1958, 1962, dan 1950.
Kemudian FIFA membuat Piala Dunia baru menggunakan emas 18 karat, dengan tinggi 36 cm dan mempunyai berat 4,97 kg oleh perupa berkebangsaan Itali, Silvio Gazzaniaga. Piala tersebut akan tetap dipakai hingga 2038, hingga plat bendera negara sang juara penuh menempel pada kaki piala tersebut.


**Sumber : Wikipedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar